Jumat, 01 Juli 2011

BUDI DAYA TANAMAN KEDELAI


1.   Penyiapan Benih
Pada tanah yang belum pernah ditanami kedelai, sebelum benih ditanam harus  dicampur dengan legin (suatu inokulum buatan dari bakteri atau kapang). Didalam Herbafarm sudah terdapat bakteri pengikat Nitrogen yang disebut Azotobacter Sp dan Azosprillium Sp. Pada tanah yang sudah sering ditanam dengan kedelai atau kacang-kacangan lain, berarti sudah mengandung bakteri tersebut. Bakteri ini akan hidup di dalam bintil akar dan bermanfaat sebagai pengikat unsur N dari udara yang disebut mikrobia Rizhobium Sp.

Cara pemberian Herbafarm cair :
1.    10 cc / 1 tutup Herbafarm Cair dilarutkan dengan air 1 liter selama 1 jam.
2.    setelah diinokulasi, benih dibiarkan sekitar 15 menit baru dapat ditanam. Dapat juga benih diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum ditanam.
3.    Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam hal memilih benih yang baik adalah: kondisi dan lama penyimpanan benih tersebut. Biji kedelai mudah menurun daya kecambah/daya tumbuhnya (terutama bila kadar air dalam biji ≥ 13% dan disimpan di ruangan bersuhu ≥ 25 derajat C, dengan kelembaban nisbi ruang ≥ 80%.
4.    Tiap lubang  diberi 1 – 3 biji kedelai

2.    Pengolahan Media Tanam
a)   Persiapan
Terdapat 2 cara mempersiapkan penanaman kedelai, yakni: persiapan tanpa pengolahan tanah (ekstensif) di sawah bekas ditanami padi rendheng dan persiapan dengan pengolahan tanah (intensif).
Persiapan tanam pada tanah tegalan atau sawah tadah hujan sebaiknya dilakukan 2 kali pencangkulan. Pertama dibiarkan bongkahan terangin-angin 5-7 hari, pencangkulan ke 2 sekaligus meratakan, memberi Pupuk Herbafarm Granul, menggemburkan dan membersihkan tanah dari sisa-sisa akar. Jarak antara waktu pengolahan tanah dengan waktu penanaman sekitar 3 minggu.
Pemberian Pupuk Herbafarm Granul yang praktis dapat di berikan di lubang tempat benih di tanam dengan dosis per lubang 10 gram / 1 sendok makan.  

 3.    Teknik Penanaman
Penentuan Pola Tanaman
Jarak tanam pada penanaman dengan membuat tugalan berkisar antara 20-40 cm. Jarak tanam yang biasa dipakai adalah 30 x 20 cm, 25 x 25 cm, atau 20 x 20 cm. Jarak tanam hendaknya teratur, agar tanaman memperoleh ruang tumbuh yang seragam dan mudah disiangi. Jarak tanam kedelai tergantung pada tingkat kesuburan tanah dan sifat tanaman yang bersangkutan. Pada tanah yang subur, jarak tanam lebih renggang, dan sebaliknya pada tanah tandus jarak tanam dapat dirapatkan.
 Perinciannya :
1.  Olah lahan
Lahan sebelum dibajak disemprot dengan Herbafarm Cair dengan dosis 14 tutup herbafarm/tangki atau 1 liter air : 1 tutup herbafarm. Tujuan  untuk pengomposan.
2.  Perlakuan benih
Benih direndam dengan larutan 1 liter air : 1 tutup Herbafarm Cair selama 1 jam.
3. Persiapan tanam pada tanah tegalan atau sawah tadah hujan sebaiknya dilakukan 2 kali pencangkulan. Pertama dibiarkan bongkahan terangin-angin 5-7 hari, pencangkulan ke 2 sekaligus meratakan, memberi Pupuk Herbafarm Granul, menggemburkan dan membersihkan tanah dari sisa-sisa akar. Jarak antara waktu pengolahan tanah dengan waktu penanaman sekitar 3 minggu.
4.  Pemberian Pupuk Herbafarm Granul dapat pula di berikan di lubang tempat benih di tanam.
5.  Setelah usia tanaman 1 minggu semprot dengan dosis 3 tutup Herbafarm Cair/ tangki atau 5 liter air : 1 tutup.
6.  Setelah usia tanaman  20 hari , 40 hari semprot dengan dosis 7 tutup Herbafarm Cair/tangki atau 2 liter : 1 tutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar