Sabtu, 23 Juli 2011

Aplikasi Tanaman Singkong

Pembibitan
Bibit yang baik untuk bertanam ketela pohon harus memenuhi syarat sebagai berikut

a) Ketela pohon berasal dari tanaman induk yang cukup tua (10-12bulan)

b) Ketela pohon harus dengan pertumbuhannya yang normal dan sehat serta seragam.
d) Belum tumbuh tunas-tunas baru

Persiapan Lahan dan Pemupukan Herbafarm Granul
Pembukaan lahan pada intinya merupakan pembersihan lahan dari segala macam gulma. Tujuan pembersihan lahan untuk memudahkan perakaran tanaman berkembang dan menghilangkan tumbuhan inang bagi hama dan penyakit yang mungkin ada. Taburkan Herbafarm Granul pada lahan dengan dosis 50 kg/Ha.

Teknik Penanaman
Penentuan Pola Tanam : Jarak tanam yang umum digunakan pada pola monokultur ada beberapa alternatif, yaitu 100 X 100 cm, 100 X 60 cm atau 100 X 40 cm. Bila pola tanam dengan sistem tumpang sari bisa dengan jarak tanam 150 X 100 cm atau 300 X 150 cm.

Pemeliharaan Tanaman
Penyulaman : Penyulaman dilakukan pada pagi hari atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas. Waktu penyulaman adalah minggu pertama dan minggu kedua setelah penanaman.
Penyiangan : Penyiangan bertujuan untuk membuang semua jenis rumput/ tanaman liar/pengganggu (gulma) yang hidup di sekitar tanaman. Dalam satu musim penanaman minimal dilakukan 2 (dua) kali penyiangan.
Pembubunan : Cara pembubunan dilakukan dengan menggemburkan tanah di sekitar tanaman dan setelah itu dibuat seperti guludan. perlu dilakukan pembubunan/di tutup dengan tanah agar akar tidak kelihatan.
Perempelan/Pemangkasan : Minimal setiap pohon harus mempunyai cabang 2 atau 3 cabang. Hal ini agar batang pohon tersebut bisa digunakan sebagai bibit lagi di musim tanam mendatang.

Penyemprotan Herbafarm Cair
Usia 1 bulan,tanaman disemprot dengan dosis 7 tutup/tangki.
Usia 2 bulan dan 4 bulan semprot dengan larutan Herbafarm dosis 14 tutup / tangki 14 liter.

Panen
Ciri dan Umur Panen
Ketela pohon dapat dipanen pada saat pertumbuhan daun bawah mulai berkurang. Warna daun mulai menguning dan banyak yang rontok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar