Rabu, 15 Juni 2011

Aplikasi Tanaman Kakao

Pembibitan
Benih yang baik memiliki daya kecambah sedikitnya 80%.
Bibit di rendam 1 jam dengan 20 ml/2 tutup Herbafarm Cair dengan 2 liter air kemudian ditanam di polibag.
Ukuran polybag untuk tanaman kakao sebaiknya 20 cm X 30 cm.
Bahan yang digunakan untuk atap bagian tiang bisa dari bambu atau kayu sedang untuk atapnya bisa dari alang-alang, daun kelapa atau daun kelapa sawit.
Pemupukan
Beri Herbafarm Granul pada media tanam Polybag dilakukan guna untuk merangsang pertumbuhan bibit cokelat. Taburkan Pupuk Herbafarm Granul di lubang tempat benih di tanam dengan dosis per lubang 10gram / 1 sendok makan. Pupuk tersebut diberikan 2 (dua) minggu sebelum penanaman bibit cokelat, kemudian lubang tersebut ditutup kembali.
Teknik Penanaman dan Pemupukan
1. Jarak Tanam ideal untuk tanaman kakao adalah 2 x 4 dengan populasi 1.250 pohon/ha atau 3 x 3 populasi per hektar 1.100 pohon.
2.Ukuran Lubang untuk penanaman kakao 40 x 40 x 40 cm, dengan memberi Pupuk Herbafarm Granul 50gram/lubang
3. Penanaman dilakukan pada saat musim hujan , dengan memilih bibit dalam kondisi sehat. penanaman dilakukan penyobekan terlebih dahulu polibag dan mengambilnya, jangan sampai tanah pecah saat mengambil polybag. Menanam pada lubang yang telah disediakan dan menutup kembali.
Tanaman kakao mutlak memerlukan pohon pelindung yang ditanam sebagai tanaman lorong diantara tanaman- tanaman kakao. Pohon pelindung tetap ditanam dengan jarak tanam 6 x 3 m.

Pemeliharaan
- Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan terhadap cabang cabang yang tumbuh rendah dan lemah. Pohon dipangkas sehingga cabang terendah akan berjarak lebih dari 1 m dari tajuk tanaman cokelat. Pemangkasan pada tanaman cokelat merupakan usaha meningkatkan produksi dan mempertahankan umur ekonomis tanaman. Dengan melakukan pemangkasan, akan mencegah serangan hama dan penyakit, membentuk tajuk pohon, memelihara tanaman, dan memacu produksi.
- Penyiangan
Tujuan penyiangan adalah untuk mencegah persaingan dalam penyerapan air dan unsur hara dan mencegah hama dan penyakit. Penyiangan harus dilakukan secara rutin, minimal satu bulan sekali yaitu dengan menggunakan cangkul, koret, atau dicabut dengan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar